Banyak Nusa Satu Cerita: Nusa Lembongan

Tingkat popularitas pulau Bali kini ternyata tidak berpusat pada seisi pulaunya saja. Banyak turis baik lokal maupun mancanegara yang mengincar Bali hanya untuk transit saja. Mereka kemudian berpindah haluan ke pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya. Uniknya, kebanyakan pulau-pulau tersebut didahului dengan kata Nusa. Nusa berasal dari kata Nusantara yang berarti kepulauan. Sedangkan jika kita menyebutkan kata Nusa artinya adalah Pulau. Jadi sebenarnya tidak heran pulau-pulau tersebut banyak menggunakan kata Nusa mengawali nama pulau tersebut. Berikut ini adalah berbagai Nusa di sekitar Pulau Dewata beserta keragaman atraksi hiburannya:

NUSA LEMBONGAN

Nusa Lembongan

Nusa Lembongan merupakan sebuah pulai kecil di sebelah tenggara Pulau Bali. Tepatnya berada 11 kilometer dari Kabupaten Klungkung. Walaupun wilayah pulau ini tidak luas, hanya berukuran panjang 4,6 km dan lebar 1,15 km, namun tidak meyurutkan niat para turis untuk menjajaki keindahan Nusa Lembongan. Panorama alam yang menjadi tujuan utama para turis memang tidak perlu diragukan lagi. Jernihnya air laut kebiruan, pantai pasir putih, hingga cantiknya hutan bakau.

Menuju Nusa Lembongan

Dari Pulau Bali menuju Lembongan sangatlah mudah. Anda dapat memutuskan untuk lebih dulu menginap di Sanur atau Tanjung Benoa sebelum menyeberang. Dari Sanur atau pun pelabuhan Benoa terdapat berbagai pilihan kapal. Kapal kayu merupakan transportasi ekonomis yang dapat ditawarkan. Namun perlu waktu sekitar 2 jam untuk sampai. Sedangkan dengan kapal motor atau speed boat, waktu yang diperlukan hanyalah 30 menit. Sesampainya di Nusa Lembongan, Anda akan dipertemukan dengan pantai Jungut Batu. Salah satu pantai yang menawarkan air laut dan spot matahari terbenam terindah di Nusa Lembongan.

Transportasi

Luas wilayah pulau yang kecil memudahkan Anda untuk berkeliling dengan berjalan kaki. Dari satu pantai ke pantai lain sangatlah dekat. Dengan berjalan kaki Anda dapat menikmati keindahan Lembongan secara perlahan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Akan tetapi menyewa sepeda atau motor juga dapat menjadi alternatif berkendara. Memang lebih praktis dan lebih cepat menuju berbagai tempat wisata. Akan tetapi biaya sewa kendaraan di Lembongan terhitung sedikit lebih mahal daripada Pulau Bali. Di sisi lain, saat Anda baru sampai di Lembongan, terkadang Anda harus menggunakan truk menuju ke berbagai hotel di pusat kota. Kendaraan ini sangat tepat untuk Anda yang membawa banyak barang bawaan.

 

Tempat Wisata

 

Pantai

Sejumlah pantai di Nusa Lembongan merupakan pantai berpasir putih dengan air laut biru kehijauan yang sangat jernih. Terbilang masih cukup perawan, pantai-pantai tersebut tidak ada habis-habisnya untuk di eksplorasi. Pertama-tama adalah Pantai Jungut Batu. Seperti yang yang sudah disinggung sebelumnya, pantai ini adalah tempat perahu-perahu berlabuh dari pulau-pulau tetangga. Berada di barat laut Lembongan, pantai ini memiliki luas wilayah 8 kilometer persegi. Kegiatan utama yang diincar para turis adalah berselancar. Ombaknya yang cukup stabil dan kejernihan air nya sangat tepat bagi para penggila selancar.

Jungut Batu juga merupakan salah satu Desa terbesar di Lembongan. Untuk itu penginapan sangat mudah ditemui di daerah ini. Keberadaan pantai Jungut Batu ditemani dengan Pantai Scooby Doo yang terletak di Barat Laut Desa Jungut Batu. Pesona alamnya berbanding lurus dengan pantai lainnya.

jungutbatu1

Dari Jungut Batu cukup menempuh 35 menit berjalan kaki atau mengunakan perahu kecil untuk menggapai Pantai Tanjung Sanghyang atau lebih terkenal dengan sebutan Mushroom Beach. Di sepanjang pantai Anda akan tergoda dengan restoran-restoran yang menghidangkan seafood sebagai andalannya. Nikmatilah suasana pantai ini setelah pukul 3 sore. Sambil mengesap air kelapa dan menikmati camilan sore di salah satu rumah makan, angin pantai yang berhembus bersamaan dengan perpaduan panorama pantai akan membawa Anda kepada khayalan surgawi.

Mushroom BeachMushroom Beach

Dream Beach dan Sunset Beach tidak kalah menarik untuk diperbincangkan. Dream Beach terkenal dengan tebing laut yang dikenal dengan sebutan Devil’s Tear. Hempasan ombak ke ujung tebing ini menambah kecantikan landscape Dream Beach. Berbeda dengan Sunset Beach yang menyajikan formasi goa sebagai latarnya. Selain itu, daya tarik kedua pantai tersebut juga terletak pada pasir putih yang sangat sempurna menjadi landasan berjemur. Terutama menjelang matahari terbenam, baik Dream dan Sunset Beach akan memberikan suasana romantis ditengah-tengah keheningannya.

 

Dream BeachDream Beach

Tidak jauh dari pantai-pantai yang paling terpopuler di Lembongan tersebut, berikut ini juga merupakan pantai yang layak dikunjungi karena daya tariknya yang berbeda. Pertama adalah Pantai Selagimpak atau Tamarind Beach. Dari pantai ini Anda dapat melihat Gunung Agung terselimuti kabut tipis. Lalu temuilah Pantai Selambung atau Coconut Beach yang berada di antara lembah Desa Jungut Batu dan Desa Lembongan. Berbagai kegiatan seperti berpesiar, menyelam atau snorkeling dapat dilakukan. Terakhir adalah Pantai Lebaoh. Sebuah pantai yang terkenal dengan pembudidayaan rumput laut. Maka jangan heran jika Anda akan melihat begitu banyak rumput laut yang sedang dijemur di tepi pantai. Jika Anda penasaran dengan cara pembuatannya, masyarakat lokal dapat dengan senang hati menunjukkan caranya. Beruntung jika Anda dapat membawa pulang hasil olahan rumput laut sebagai oleh-oleh ya!

 Pantai Lebaoh

Pantai Lebaoh

Hutan Bakau

Menjelajahi hutan bakau di Nusa Lembongan berarti siap berada di atas perahu kayu kecil yang dikayuh dengan bambu. Berlokasi di Desa Jungut Batu, hutan mangrove ini memiliki luas sekitar 230 hektar. Selama 30 menit Anda akan diajak menelusuri air berkedalaman 0,5 meter. Pemandangan di sebelah kiri-kanan Anda adalah tanaman bakau setinggi 6 meter. Kurang lebih 11 jenis bakau tertanam di sini. Anda akan memulai perjalanan dari pantai dan berakhir di Desa Lembongan. Awalnya akan berada di jalur selebar 4-6 meter namun semakin lama jalur tersebut akan mengecil hingga 3 meter saja. Tidak banyak perahu yang mengantar para turis, sehingga keintiman Anda bersama sang hutan akan terjaga dengan baik.

Hutan Bakau

Saat Anda ingin melarikan diri dari kebisingan kota, Hutan Bakau ini menjadi tempat paling sempurna. Anda tidak akan menemukan polusi suara. Hanya udara yang berderu dan serangga-serangga kecil. Keheningannya menjadi obat ketenangan jiwa dan raga.

Goa Gala

Goa Gala merupakan goa buatan bermaterial batu kapur yang terdapat di dekat Dream Beach. Goa ini sengaja dibuat oleh seorang pertapa bernama Made Byasa selama 15 tahun. Terinspirasi dari kisah Mahabarata membuat pertapa ini membuat sebuah tempat pengasingan dirinya untuk lebih mendalami kisah tersebut. Uniknya goa ini memiliki fasilitas-fasilitas seperti dalam rumah pada umumnya.

Goa Gala

Goa Gala atau terkenal dengan nama Underground House adalah sebuah goa bawah tanah seluas 500 meter persegi. Terdapat 7 pintu masuk dan 3 ventilasi. Tangga sepanjang 2 meter akan menuntun Anda kedalam goa. Seperti rumah pada umumnya, goa ini memiliki kamar, ruang tamu, dapur bahkan sumur. Hiasan dinding berupa pahatan-pahatan menjadi maha karya yang sekarang ini dijadikan prasasti. Berbagai perabotan rumah tangga yang dahulu digunakan Made Byasa pun masih tertinggal disini. Begitulah goa ini menjadi warisan budaya di Nusa Lembongan.

 

Aquatic Alliance (Organisasi Kelautan)

Aquatic Alliance merupakan sebuah organisasi nirlaba yang meneliti kelautan sekitar Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Berlokasi di Desa Jungut Batu tepatnya di Secret Garden Bungalow, Aquatic Alliance memiliki misi untuk melestarikan biota laut dengan cara memberikan edukasi pada penduduk lokal untuk menjaga kehidupan bawah laut. Untuk itu organisasi ini bekerja sama dengan hampir seluruh diving center untuk membantu menjaga kebersihan laut serta kesehatan flora dan fauna-nya.

Tidak hanya para penduduk lokal tetapi juga para turis yang berdatangan. Jika Anda berminat untuk mengetahui apa saja program yang mereka lakukan Anda dapat berkunjung ke The Yoga Shack di Secret Garden Bungalows. Setiap Selasa dan Kamis diadakan seminar mulai pukul 6.30. Tidak ada salahnya untuk mengetahui alam yang telah kita pergunakan selama ini bukan? Apalagi Anda dapat mengenyam pengetahuan tersebut secara gratis.

Aquatic Alliance Talk

Wisata Pura

Penduduk Nusa Lembongan yang tentu saja banyak berasal dari Bali mayoritas beragama Hindu. Maka tidak heran kalau keberadaan pura menjadi satu-satunya tempat beribadah di Nusa Lembongan. Pura Puncak Sari merupakan pura terbesar di Nusa Lembongan. Terletak di Bukit Desa Lembongan menjadikan Pura ini tempat wisata budaya yang diminati. Bukan hanya karena kebudayaan dan kesejarahan saja yang disumbang pura ini melainkan pesona tampilan alamnya. Dari sini Anda dapat memantau situasi Nusa Lembongan dengan kedua pulau terdekat yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Atmosfer yang diberikan pun cukup tenang dan nyaman. Udara sejuk dan panorama luar biasa membuat betah berlama-lama.

Terdapat pula beberapa pura yang terletak di Desa Jungut Batu yaitu Pura Mpu Aji, Pura Sakenana, dan Pura Puseh. Lokasi pura-pura tersebut berada di sebelum hutan bakau. Saat Anda hendak berwisata ke hutan bakau, ketiga pura ini akan Anda lewati. Selain itu ada pula satu pura bernama Pura Dalem yang bertempat di tengah Desa Jungut Batu dan Desa Lembongan.

Jembatan Gantung

Menjadi salah satu spot favorit para turis untuk berfoto, jembatan gantung di Nusa Lembongan ini menjadi akses menuju Nusa Ceningan. Anda dapat menemukan jembatan ini saat berada di Desa Lembongan. Ambilah jalur barat sampai Anda menemukan sebuah muara. Berjalan kaki atau bersepeda adalah yang paling tepat untuk melalui jembatan ini. Dengan panjang kira-kira 100 meter, Anda dapat menikmati berada di atas perairan. Saat cuaca cerah terutama, saat-saat terbaik mengambil gambar untuk kenangan sekaligus buah tangan berupa cerita menarik.

Jembatan Gantung

Tentang 

Freelance translator, copy writer and blogger. Gusto fan.

  • skype
  • twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *