7 Aktivitas di Pedesaan Bali yang Harus Anda Lakukan

Sisi pedesaan Bali harus diakui sangat mengagumkan. Tidak hanya karena berada di tengah alam nan asri dna menenangkan namun juga karena para penduduk lokal yang akan memberikan Anda banyak hal. Jika Anda masih kebingungan mencari aktivitas apa yang tepat untuk dilakukan di desa-desa ini dia jawabannya.

Trekking

trekking-3

Hampir seluruh wilayah desa yang ada di Bali berada di area perbukitan dan hutan-hutan. Inilah yang dapat Anda manfaatkan sebagai area berwisata. Trekking di jalur pedesaan yang tenang tanpa banyak kendaraan bermotor dapat menjadi pilihan aktivitas.

Bersepeda

bali_bike

Selain berjalan kaki di luasnya alam pedesaan Bali, bersepeda pun terasa amat tepat untuk dilakukan. Saat Anda terlalu lelah untuk berjalan sepeda justru akan membawa Anda dari satu desa ke desa lain yang lebih jauh. Kedua hal ini baik bersepeda maupun berjalan kaki akan membuat Anda mendetoksifikasi tubuh karena udara segar yang akan memenuhi tubuh Anda.

Pelajari kebudayaan lokal

b_07

Kebudayaan lokal tidak terdapat pada perkotaan melainkan pedesaan. Hal-hal tradisional akan sangat menarik untuk diulas ketimbang hal modern yang sudah biasa Anda rasakan atau ketahui. Kebudayaan lokal yang berada di desa-desa Bali ini akan memberikan pengetahuan lebih jauh mengenai suku, adat dan bahkan cara pikir mereka.Coba saja ke Desa Trunyan di mana terdapat tubuh para masyarakat lokal yang telah meninggal terpampang di bawah pepohonan tanpa dikubur. Atau datanglah ke Desa Panglipuran di mana Anda dapat menemukan arsitektur rumah adat Bali dalam struktur yang amat cantik dan tertata rapi.

Nikmati relaksasi alam

tirta.perfectpaddy

Namun alasan paling tepat untuk berwisata di pedesaan Bali adalah untuk menikmati alamnya yang asri dan hijau. Ya, pedesaan Bali menampilkan terasering, perbukitan, persawahan dan hutan-hutan yang sangat hijau dan sejuk. Suasana nyaman dan tenang seakan dapat menjadi bahan relaksasi Anda menyembuhkan aura hiruk-pikuk serta stres yang biasa dialami di keramaian. Istirahat di hunian tengah sawah atau bawah bukit sungguh merupakan “pil anti stres” Anda.

Kuliner khas

Rates_Laklak

Jika saat berada di tempat turistik Anda akan mendapatkan hidangan internasional dengan kualitas hotel bintang 5 di pedesaan Anda akan merasakan sebuah pengalaman yang berbeda. Tidak ada bahan kimia atau bumbu perisa berlebihan dan tidak ada “bahan palsu” yang dimasukkan ke dalam santapan. Semuanya alami. Selain itu Anda pasti akan menemukan variasi kuliner yang tidak akan ditemukan di area wisata pada umumnya. Coba saja temukan Laklak dan rasakan kekayaan rasanya.

Berkreasi dengan penduduk lokal

A Balinese painters community paints a story about daily life Batuan Village at Wantilan Puseh Temple, Batuan, Gianyar, Sunday 13 April 2014. Around 80 artists from Baturulangun Batuan painters community make 48 depictions which are Mahabarata Story and Daily Life Batuan Village.(JP/ Agung Parameswara)

Penduduk lokal di area pedesaan Bali banyak yang memiliki pekerjaan sebagai penghasil karya seni asli Bali. Kebanyakan masyarakat yang tinggal di pedesaan Bali adalah para pelukis, pemahat, dan pekerja seni lainnya. Biasanya di sana Anda dapat berkreasi bersama penduduk lokal untuk mengetahui bagaimana cara mengukir dan melukis. Bayangkan momen-momen melukis berhadapan dengan keindahan sawah dan diselimuti udara pegunungan yang sejuk. Fantastis!

Memotret kehidupan masyarakat

Candidasa-Beach-2

Cobalah bertindak layaknya turis asing yang sangat antusias mengetahui kehidupan tradisional Bali. Kenyataannya adalah masyarakat Bali memiliki potret kehidupan yang sederhana namun begitu indah untuk diabadikan. Kisah-kisah peradabannya sangat menarik untuk diulas. Nantinya ketika Anda sudah mengumpulkan satu demi satu jepretan mereka Anda dapat menceritakannya kembali kepada orang lain tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu bersama para peninggal adat Bali.

Tentang 

Freelance translator, copy writer and blogger. Gusto fan.

  • skype
  • twitter

Leave a Reply