Banyak Nusa Satu Cerita: 4 Atraksi Ceningan

Nusa Ceningan merupakan pulau kecil berseberangan dengan Nusa Lembongan. Nusa Ceningan dapat ditempuh dengan berkendara sepeda atau sepeda motor dari jembatan yang menghubungkan Lembongan dan Ceningan. Namun jika Anda hendak langsung mengunjungi Ceningan, Anda dapat langsung menaiki kapal dari pelabuhan Sanur. Berada kira-kira 15 km di sebelah tenggara Bali dan 1 km di sebelah barat laut Nusa Penida.

Nusa Ceningan memiliki panjang panjang 3,7 km dan lebar 1,5 km.  Karena luas pulaunya yang kecil, Anda akan dengan mudah untuk menjelajahi seluruh pesona alamnya. Dibawah ini adalah empat aktivitas terpopuler yang dapat dilakukan di Ceningan:

LOMPAT TEBING

Lompat tebing merupakan kegiatan yang sangat diincar para wisatawan, terutama wisatawan asing saat berada di Ceningan. Faktanya, lompat tebing memang sebuah atraksi yang memacu adrenalin dan sangat sayang dilewatkan ketika Anda mengunjungi Ceningan. Ada beberapa daerah yang menjadi spot lompat tebing. Blue Lagoon dan Turtle Cliff contohnya. Untuk mencapai kedua area ini Anda harus menempuh 30 meter dari Lembongan.

Jumping Cliff

Untuk mencapai ujung tebing Anda harus berjalan 100 meter dan melalui tangga gantung. Tinggi tebing ini mencapai 13 sampai 15 meter. Sehingga Anda harus ekstra hati-hati saat melompat. Apabila ombak sedang tinggi, lebih baik Anda mengurungkan niat untuk melakukan atraksi ini karena cukup berbahaya. Kumpulan tebing tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jika Anda ingin mencoba lompat dari semua area tebing,kira-kira 2-3 jam adalah waktu yang harus Anda tempuh untuk menjelajahi tebing tersebut.

 

SURFING, SNORKELING, DIVING

Wisata kelautan Ceningan tidak dapat dipungkiri adalah yang paling dicari oleh para turis. Lautnya yang indah beserta biota laut yang menimbulkan decak kagum. Untuk mendapatkan totalitas wisata laut di Ceningan, Anda harus beranjak sedikit ke tenggara dan ke arah barat. Ceningan Point merupakan tempat terbaik untuk para peselancar dunia. Ketinggian ombak yang menantang membuat Ceningan Point diakui sebagai tempat idaman berselancar.  Ceningan point dapat ditemukan disekitar tebing Blue Lagoon. Walaupun landasannya sedikit berbatu akibat keberadaan karang dan berpasir, tetapi Anda akan bertemu dengan gelombang sepanjang 150-300 meter.

Selain itu tiga spot surfing yang diakui cukup tenar di kalangan para peselancar pro adalah Playground, Shipwreck dan Lacerations. Keberadaannya di sebelah barat daya Ceningan, mengharuskan Anda untuk sedikit berlayar menggunakan perahu kayu untuk sampai di spot-spot tersebut. Waktu terbaik untuk berselancar disini adalah dari bulan April hingga September atau Oktober. Mirip dengan Ceningan Surfbreak, tempat-tempat ini pun memiliki batu karang dan koral. Demikianlah snorkeling dan diving di sini sungguh memanjakan mata Anda.

Blue Lagoon

 

TUR PURA

Bukan Bali dan sekitarnya jika tidak ada pura di setiap pulaunya. Tersebar beberapa pura dengan beragam latar belakang kisah yang unik. Ditambah lagi dengan kepercayaan masyarakat bahwa Nusa Ceningan merupakan tanah suci. Pura Goa Raja misalnya. Terletak di sebelah timur Ceningan, Pura Ulun Danu merupakan pura yang didedikasikan untuk dewi danau dan sungai. Pura ini berada di atas bukit dan diselubungi dengan sebuah goa yang dinamakan Goa Raja. Goa ini pun dianggap suci karena dihubungkan dengan Dewa Baruna, dewa laut dan Dewi Loro Kidul, dewi pantai selatan. Atau Pura Bakung yang terkenal dengan kisah kesejarahan yang unik. Dekat dengan pura bakung, Anda akan menemukan Swallow House atau lebih dikenal dengan sarang walet. Pura ini dapat Anda capai dengan berkendara sedikit ke arah utara. Sedangkan di sebelah selatan terdapat Pura Batumelawang, di tengah terdapat Pura Tri Adi Sakti. Nama-nama pura lain seperti Pura Ceng Mundi Raja Peni, Pura Wayah Dalem Majapahit, Pura Pesamuan Lawang Sari dan Pura Payogan Manik Gumulung juga patut dikunjungi.

 

WISATA KUNJUNGAN DESA

Terdapat dua desa di Nusa Ceningan, Desa Ceningan Kawan dan Desa Ceningan Kangin. Dengan mayoritas penduduk sebagai petani rumput laut,  wisata IPTEK pembudidayaan rumput laut menjadi layak dilakukan. Kegiatan ini dapat Anda lakukan di daerah pasang surut air laut yang juga menjadi ladang rumput laut. Anda akan mempelajari dari pengambilan rumput laut dengan mengarungi laut menggunakan perahu kayu, penjemuran hingga pengemasan rumput laut. Sebagai informasi Anda, hasil rumput laut tersebut akan diekspor ke berbagai negara sebagai bahan dasar kosmetik selain untuk bahan pangan.

Trekking ke sekeliling desa pun akan menjadi aktivitas yang mengasyikan. Dengan luas wilayah 294,75 Ha, sebagai besar lahan dimanfaatkan sebagai ladang dan kebun. Berada di tingkat kemiringan 8 % – 15% dan 15 % – 30 %, pulau ini berpotensi untuk pengembangan pertanian. Oleh karena itu, trekking keliling desa terutama yang berada di bagian atas akan menantang Anda untuk menyelesaikan eksplorasi. Hutan bakau yang berada di sebelah barat merupakan tempat yang sangat menjanjikan bagi Anda pecinta alam. Di hutan bakau ini juga Anda dapat melakukan birdwatching. Begitu banyak jenis burung di area ini yang jarang terlihat di tempat lain. Untuk itu sangat menguntungkan bagi Anda yang tertarik untuk menyaksikan aksi mereka berterbangan silih berganti. Selain memandangi pesona kecantikannya, mendengarkan alunan suara para burung pun dapat menjadikan liburan Anda seakan-akan berada di surga.

Tentang 

Freelance translator, copy writer and blogger. Gusto fan.

  • skype
  • twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *