Agenda Bali 2015

Apabila biasanya Anda pergi ke Bali hanya untuk berwisata saja, sekarang waktunya Anda mengubah kebiasaan tersebut. Faktanya, berbagai festival dan acara besar di Bali adalah sesuatu yang layak untuk menjadi alasan Anda berlibur ke Bali selain hanya untuk mengunjungi tempat-tempat wisatanya saja. Dan yang perlu Anda tahu adalah kebanyakan festival dan acara tersebut diselenggarakan secara internasional sehingga akan lewat kegiatan-kegiatan tersebut Anda mendapatkan banyak wawasan baru.

Jika para turis asing saja sangat menantikan acara-acara tersebut, mengapa Anda sebagai warga negara sendiri tidak? Oleh sebab itu, simak informasi festival dan acara besar di Bali yang harus dikunjungi tahun 2015 di bawah ini dan catat tanggalnya!

 

januari

Bulan Januari menjadi bulan bagi negara India mempertunjukkan seni dan budaya mereka pada masyarakat Bali. Memiliki kemiripan sejarah dengan India, tentu saja membuat Festival of India menjadi salah satu festival yang menjadi sebuah kewajiban bagi mayarakat Bali. Tapi bukan berarti hanya masyrakat Bali saja yang boleh mengunjunginya. Berbagai tarian rakyat, drama tari, wayang, pertunjukan seni, pameran, seminar, pemutaran film India hingga film dokumenter akan merangkai sebuah festival yang fantastis pada tanggal 28 Januari 2015 di Nusa Dua.

 

 

maret

Bulan Maret tahun 2015 merupakan bulan relaksasi untuk para wisatawan yang memutuskan untuk pergi ke Bali. Betapa tidak, pada tanggal 9-11 Maret terdapat Bali Spa and Wellness Expo yang diselenggarakan di Magnificent Building Jl. By Pass, Ngurah Rai No. 9G, Denpasar. Berbagai pemilik perusahaan dan staf profesional salon, spa dan pusat relaksasi lainnya akan menghadirkan berbagai produk spa, kesehatan, relaksasi dan kecantikan yang berasal dari seluruh dunia.

Setelah puas dimanjakan dengan produk relaksasi, saat Anda menikmati musik Jazz yang akan membuat pikiran dan teliga Anda relaks dengan Bali Live International Jazz Festival. Berlokasi di Tanjung Benoa, festival ini diusung dengan konsep yang simpel yaitu penampilan musisi Jazz internasional bersama dengan musisi lokal Indonesia di tengah pulau Bali yang penuh keindahan dan keunikan. Selain itu, sebelum festival ini diadakan juga biasanya terdapat Pre-Event dimana selama 5 hari pertama para musisi yang akan tampil bersamaan di hari terakhir akan mempromosikan penampilan mereka di berbagai tempat seperti di Jazz Café, dan Uma Cucina di Ubud, Ryoshi House of Jazz dan SOS Anantara di Seminyak, Hard Rock Café dan Beachwalk Shopping Centre, Kuta, Mozaic Beach Club, Kerobokan, Sundara Restaurant dan Le Meridien Hotel, Jimbaran dan Nusa Dua Beach Hotel di Nusa Dua.

Jangan lupa untuk mencoba relaksasi dengan keheningan total di Hari Nyepi pada tanggal 21 Maret. Tentu saja Anda akan merasakan suatu hal yang berbeda. Jika biasanya pada kota besar Anda selalu mendengar keramaian, di Hari Nyepi Anda tidak akan mendengarkan apapun dan benar-benar melakukan relaksasi di tempat menginap masing-masing tanpa menimbulkan kegaduhan. Selain itu, sehari sebelum Nyepi biasanya masyarakat mengadakan festival ogoh-ogoh yaitu arak-arakan budaya masyarakat yang dipercaya sebagai tanda menolak kejahatan. Seru!

Tidak hanya itu saja, bulan Maret juga akan ditutup dengan festival bertema relaksasi lainnya yang paling spektakuler di Bali yaitu Bali Spirit Festival. Digelar dari tanggal 31 Maret hingga 5 April 2015, Anda akan mendapatkan relaksasi yang lengkap dari festival ini. Mulai dari pelatihan yoga kelas dunia, penyembuhan dan berbagai pertunjukan seperti tari dan musik yang datang dari lebih 50 negara di dunia dapat Anda ikuti dan saksikan. Beragam program seni untuk anak-anak, seminar kesehatan, serta penampilan seni dan budaya juga melengkapi kemeriahan acara ini. Mengikuti Bali Spirit Festival setiap tahunnya seakan membuat Anda membuka mata pada jendela dunia.

 

juni

Saatnya menumpahkan ketertarikan seni Anda pada bulan Juni tepatnya dari tanggal 11 Juni hingga 9 Juli. Mengapa? Karena selama sebulan penuh Bali Arts Festival akan menampilka berbagai pertunjukan budaya dan seni khas tradisional Bali mulai dari tarian, musik, hingga seni peran. Anda juga dapat mengunjungi berbagai exhibisi kerajinan tangan yang bertempat di Bali Art Center di Denpasar. Setiap tahun, Bali Arts Festival memiliki tema yang berbeda-beda sehingga Anda akan selalu memiliki alasan untuk menyaksikan Bali Arts Festival. Setiap hari selama satu bulan tersebut pun pertunjukan dengan para pelakon yang berbeda akan hadir memeriahkan kedatangan Anda ke Bali.

Apabila minat Anda lebih ke bidang olahraga, berarti mulai sekarang Anda harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Bali International Triathlon pada tanggal 11-14 Juni 2015. Kompetisi tiga cabang olahraga yang bertempat di Jimbaran ini akan menggelar dua macam kompetisi yaitu Olympic 1.5 KM berenang/ 40 KM bersepeda/  10 KM lari dan Sprint yakni 500 M berenang/ 20 KM bersepeda/ 5 KM lari.

Satu lagi yang akan hadir di bulan Juni tepatnya tanggal 27 Juni 2015 yaitu Dreamfields Festival. Festival ini merupakan sebuah festival musik yang diadakan oleh  Blackrock Entertainment yang berkolaborasi dengan Splendid Asia Events (MBFH Netherlands) dan Matrixx Events. Konsep unik serta pengisi acara yang populer berpadu dengan keindahan tempat pelaksanaan festival ini sendiri, pelataran taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK). Kemegahan acara ini akan membuat Anda terus menantikan kehadirannya setiap tahun.

 

Juli

Bulan penuh Hari Raya! Dua hari raya besar yaitu Galungan dan Kuningan hadir di bulan ini yaitu pada tanggal 15 Juli dan 25 Juli. Kedua hari raya ini merupakan hari raya ini sangat penting bagi masyarakat Bali. Siapkan kamera Anda untuk mengambil berbagai pemandangan budaya. Saat Galungan, pulau Bali terasa begitu ceria karena dipenuhi dengan ornamen janur dan bambu di setiap rumah penduduk. Di sana sini Anda juga akan melihat masyarakat banyak yang mengadakan upacara beramai-ramai dengan mengenakan pakaian adat sambil membawa perbekalan yang khas.

Jangan lewatkan juga tradisi Makepung yang diselenggarakan dari Juli hingga Oktober di daerah Jembarana, Bali Barat. Makepung adalah perlombaan pacuan kerbau yang akan melintasi berbagai wilayah di Bali. Tradisi ini tentunya sangat seru dan menarik perhatian. Anda akan seolah-olah menyaksikan lomba pacuan kuda namun dalam waktu dan lintasan yang sangat panjang.

Satu lagi festival tahunan Bali yang wajib Anda datangi. Bali Kite Festival! Bertempat di pantai Sanur, Anda akan melihat puluhan layang-layang raksasa diterbangkan oleh para penduduk Bali yang berasal dari berbagai desa asli di Denpasar. Ragam warna dan bentuk layang-layang begitu indah menghiasi langit pulau Bali. Pemandangan yang mungkin jarang akan Anda temukan.

 

agustus

Pada tanggal 14-16 Agustus, bagi Anda pecinta makanan dan minuman bersiaplah untuk tergiur pada berbagai makanan dan minuman lezat yang ditampilkan di Bali Gourmet Festival. Acara yang dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center, tepatnya di kawasan Pariwisata Nusa Dua Lot NW/1 ini merupakan sebuah festival minuman dan makanan premium Indonesia yang dihadirkan oleh restoran fine dining dan hotel bintang lima serta vendor, merek dagang minuman dan makanan ternama di Indonesia.

 

september

Bermain-mainlah di Sanur pada tanggal 24-28 September karena Anda akan mendapati Sanur Village Festival. Acara yang diadakan oleh Sanur Development Foundation ini akan menawarkan sebuah rangkaian kegiatan yang meliputi festival makanan, exhibisi ekonomi kreatif, berbagai kontes dan kompetisi, aktraksi seni dan budaya, pertunjukan musik dan beragam kegiatan peduli lingkungan. Setiap tahun, tema yang diusung pun berbeda-beda sehingga kegiatan yang bermacam-macam akan Anda temukan setiap tahunnya. Di festival ini Anda mungkin berkesempatan untuk menikmati exhibisi foto, tur bersepeda, komptisi selancar, turnamen golf dan banyak lagi.

 

Oktober

 

Perluas pengetahuan Anda tentang menulis dan membaca dengan menghadiri Ubud Writers & Readers Festival pada tanggal 28 Oktober-1 November 2015. Bertempat di Jl. Raya Sanggingan, Ubud, festival ini akan mempertemukan Anda dengan pecinta sastra dunia sekaligus melatih Anda untuk menulis dan membaca karya-karya dunia. Setiap tahun, topik yang akan didiskusikan berbeda-beda. Sehingga Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu agar dapat berbagi pengetahuan dengan sastrawan dunia tersebut. Program yang dirancang pun sangat variatif setiap harinya selama satu minggi itu. Jadi Anda harus mengosongkan jadwal harian Anda dan fokus pada informasi edukatif yang akan disampaikan nanti.

 

desember

Saatnya merayakan tahun baru di Bali! Ya, setiap tahun, beberapa pantai di Bali seperti pantai Kuta dan Seminyak mengadakan festival kembang api untuk menyambut pergantian tahun. Biasanya semua jalan untuk mengakses pantai-pantai ini akan ditutup sehingga para pengunjung pantai dapat dengan leluasa menyaksikan festival kembang api ini. Jika Anda merasa terlalu ramai, setiap beach club yang ada di Bali juga akan selalu menawarkan acara menarik untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Jika Anda belum pernah menyaksikannya, cobalah mendapatkan pengalaman tersebut tahun 2015 ini!

Tentang 

Freelance translator, copy writer and blogger. Gusto fan.

  • skype
  • twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *