Pria di Balik “Garuda Wisnu Kencana”

Garuda Wisnu Kencana (GWK) dapat dikatakan menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi daya tarik pulau Bali. Betapa tidak, sebuah mahakarya yang terdapat di lahan nan luas ini menggugah perhatian para turis. Namun tahukan Anda siapa yang membuat patung megah tersebut?

I Nyoman Nuarta, seorang pria kelahiran Bali adalah pria di balik patung Garuda Wisnu Kencana. Walaupun dikenal menjadi pembuat patung fenomenal tersebut tetapi ternyata I Nyoman telah berkarya sejak lama menghiasi berbagai kota di Indonesia. Beberapa hasil karyanya adalah Monumen Jalasveva Jayamahe di Surabaya, Monumen Proklamasi Indonesia di Jakarta, Patung Wayang di Solo, Patung Puteri Melenu di Kalimantan, dan Patung Timika di Papua. Hingga kini beliau telah menelurkan ratusan patung dan membuat sebuah galeri taman tatung yang diberi nama NuArt Sculpture Park di Bandung yang berisi seluruh hasil karya terbarunya.

Dalam pembuatan patung GWK, I Nyoman telah merencanakan untuk membuat sebuah patung 150 meter dan lebar 64 meter. Konsep patung ini sendiri seakan memiliki kisah tersendiri. Sebuah patung Dewa Wisnu digambarkan sedang menaiki burung garuda. Kedua patung tersebut pun dilapisi emas yang menandai tahta kekayaan Dewa Wisnu. Lapisan emas tersebut juga yang menjadi latar belakang penamaan “Kencana” di tengah Garuda Wisnu Kencana.

Tempat-Wisata-Di-Bali-GWK

patung wisnu

Pembuatan patung raksasa ini juga terbilang unik. Sang maestro membuat bagian demi bagian di Bandung. Keseluruhan segmen berjumlah 24 dengan total modul 754. Bahan logam tembaga dan kuningan menjada bahan dasar patung tersebut yang dilapisi zat asam patina. Dalam pengerjaannya diperlukan 3.000 ton tembaga dan menelan biaya lebih dari 400 milyar. Patung raksasa ini dibuat demikian dengan harapan untuk dapat dilihat dari seluruh penjuru di Bali dan diperkirakan akan menjadi patung terbesar di dunia mengalahkan Patung Liberty.

Patung-Garuda-Wisnu-Kencana-bali-+77

tangan Dewa Wisnu

 

kepala-Garuda-Wisnu-Kencana

patung garuda

Tersohornya nama I Nyoman Nuarta tentu saja bukan isapan jempol belaka. Ia telah menorehkan prestasi yang luar biasa baik di dalam dan luar negeri. Buktinya dia telah tergabung dalam organisasi seni patung internasional, International Sculpture Center Washington, Royal British Sculpture Society dan Steering Committee for Bali Recovery Program. Tidak hanya sebagai pematung, I Nyoman Nuarta juga merambah sebagai seorang wirausaha ternama. PT Garuda Adhimatra dan PT Nyoman Nuarta Enterprise merupakan “anak-anak asuhannya”.

Photo Credit:

Foto utama: doc. The Jakarta Post

Foto konten: doc. internet

Tentang 

Freelance translator, copy writer and blogger. Gusto fan.

  • skype
  • twitter

One thought on “Pria di Balik “Garuda Wisnu Kencana”

  1. Pingback: Garuda Wisnu Kencana Bukan Sekadar Tempat Wisata | Villa-Bali.com | Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *