Mana yang Anda Pilih; Bali atau Lombok?

Libur telah tiba! Mau kemanakah Anda liburan kali ini? Bali atau Lombok? Atau keduanya?

Bali dan Lombok kerap kali menjadi pulau yang dibandingkan satu sama lain karena struktur kebudayaan dan tampilan wisata yang mirip. Meskipun begitu kedua pulau ini tentu saja berbeda. Tidak ada yang lebih buruk dan lebih baik karena keduanya memiliki pesona alamnya sendiri-sendiri.

 

Keramaian

kuta20_0002_Layer-4

Berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk Bali sebagai pulau yang lebih besar dan lebih banyak penduduknya ketimbang Lombok tentu saja memiliki tingkat keramaian yang lebih tinggi. Apalagi Pulau Bali jauh lebih dulu dikenal para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Perhitungan wisatawan yang datang ke Bali setiap tahunnya diperkirakan naik sebanyak 500.000 orang. Sedangkan Lombok hanya 300.000 orang saja. Walaupun di beberapa daerah Bali dapat dikatakan cukup lenggang namun secara keseluruhan Lombok dapat dikatakan memberikan tempat wisata yang lebih tenang.

Wisata

Pantai

pantai

Bali dan Lombok sama-sama memiliki daerah yang bernama Kuta dan keduanya merupakan daerah pantai. Keduanya sangat indah dan tidak dapat dibandingkan mana yang lebih pantas dikunjungi atau mana yang tidak. Pantai-pantai di Bali kebanyakan merupakan pantai dengan pasir putih dan hitam. Semakin ke arah selatan semakin putih sedangkan semakin ke utara semakin hitam. Contohnya Pantai Pandawa dengan pasir putihnya dan Pantai Lovina dengan pasit hitamnya.

Sebaliknya Lombok menawarkan pesona pantai yang berbeda mulai dari pantai dengan pasir berwarna merah muda, Pink Beach, hingga pantai dengan pasir seperti butiran lada, Tanjung A’an. Selain itu jika Anda mendambakan pesona pulau-pulau kecil, Lombok tampak menjadi spot yang sempurna. Pasalnya gili-gili terpopuler seperti Gili Air, Meno, Trawangan dan Nanggu.

Pegunungan

gunung

 

Gunung Agung di Bali bagaikan pilar pulau. Begitu pula dengan Gunung Rinjani di Lombok. Jika Gunung Agung adalah gunung tertinggi di Bali, Rinjani adalah gunung ketiga tertinggi di Indonesia. Trekking ke Gunung Agung terlihat lebih mudah daripada Gunung Rinjani. Selain Gunung Rinjani jauh lebih tinggi, struktur pendakiannya pun sangat berbeda. Gunung Agung sudah memiliki jalur pendakian yang di aspal sedangkan untuk mencapai Gunung Rinjani Anda harus mendaki jalan berbatu dan tanah. Selain itu karena kepercayaan adat yang berbeda untuk menaiki Gunung Agung pun Anda harus selalu ditemani dengan masyarakat lokal karena anggapan masyarakat yang menyucikan gunung ini.

Tempat Hiburan Malam

mirror1

Bali yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu sedikit lebih longgar dengan minuman beralkohol dan tempat hiburan malam. Itulah sebabnya Anda dapat mudah menemukan tempat-tempat tersebut di Bali. Hanya perlu melewati jalan Legian hingga Seminyak. Sebaliknya, Lombok masyarakatnya mayoritas beragama Islam sehingga membeli minuman beralkohol untuk dibawa pulang saja sedikit lebih sulit. Satu daerah saja yang masih memungkinkan untuk mendapat hiburan malam yaitu area Senggigi.

Air Terjun

air terjun

 

Banyaknya pegunungan di kedua pulau tentu saja mendatangkan wisata lain yaitu air terjun. Walaupun jumlah air terjun di kedua pulau ini berbeda namun tampilan seluruh air terjun di Bali dan Lombok sama-sama menyejukkan mata. Di Bali Air Terjun Gitgit, Singaraja, terkenal dengan ketinggian dan deras airnya. Di sisi lain, Air Terjun Sindang Gila, Senari, dekat dengan Gunung Rinjani, menawarkan beberapa pusat air terjun dalam satu tebing dengan kederasan air normal. Tinggi air terjun ini sendiri adalah 50 meter dan jika Anda meneruskan perjalanan lebih dalam kurang lebih satu jam dari titik air terjun ini Anda akan menemukan air terjun lainnya, Air Terjun Tiu Kelep dengan pusat air yang lebih banyak dan tebing yang lebih luas.

Belanja

boutique9

 Berbelanja adalah kegiatan yang paling melekat dengan liburan. Tetapi jika Anda memutuskan untuk menghabiskan waktu berbelanja di Lombok mungkin akan terasa sedikit salah. Lombok lebih banyak menawarkan aneka wisata alam daripada kehidupan glamor dengan butik-butik ternama layaknya di Bali. Oleh sebab itu, Bali seperti di Seminyak, Kuta, Legian, dan Ubud masih menjadi tempat yang lebih tepat untuk menghabiskan uang belanja. Tetapi jika Anda ingin berbelanja mutiara baik air tawar atau laut Lombok adalah tempatnya.

Transportasi

transport

Alat transportasi Bali dan Lombok terlihat hampir sama. Untuk kendaraan umum, taksi lebih mudah untuk digunakan. Akan tetapi di Lombok terdapat angkutan wisata lain yaitu Bemo. Transportasi ini berupa mobil van yang cukup untuk beberapa orang. Di Bali juga ada trasnportasi yang serupa hanya saja kendaraan tersebut hanya terdapat di Kota Denpasar saja tidak di daerah wisata. Di Lombok juga terkenal dengan transportasi kereta kudanya. Walaupun hanya ada di beberapa daerah tertentu saja namun layak dicoba untuk merasakan sensasi yang berbeda. Berbeda untuk turis yang menginap
cukup lama disarankan untuk menyewa kendaraan seperti mobil atau motor agar mempermudah mobilitas ke berbagai tujuan.

Penginapan

penginapan

 

Bali dan Lombok merupakan dua pulau yang sudah komersil. Artinya kedua pulau ini bukanlah pulau tersembunyi yang belum terjamah. Ini juga berarti menemukan penginapan sangatlah mudah. Apabila Anda sudah pernah ke Bali kurang lebih Anda pasti tahu harga rata-rata penginapan di berbagai daerah. Semisal Anda menginap di Kuta, Legian dan Seminyak harga penginapan akan berkisar antara Rp200.000 ke atas tergantung jenis penginapan dan waktu yang Anda pilih. Semakin Anda menginginkan akomodasi yang bersifat pribadi akan semakin mahal. Semakin Anda berlibur di waktu berlibur nasional harga penginapan pun akan melonjak. Harga tersebut pun berlaku pada Lombok dengan harga yang mirip.

Daerah menentukan harga. Seperti di kota Denpasar dengan tempat wisata yang lebih sedikit sudah pasti menawarkan harga penginapan yang lebih murah ketimbang di Kuta dan sekitarnya. Begitu pula di Mataram sebagai ibu kota. Kuta seperti juga Senggigi, daerah dengan penginapan kualitas sedang memiliki harga yang tidak tinggi namun lingkungan yang ramai. Kemudian area seperti Uluwatu, Jimbaran dan Canggu sama seperti di pulau-pulau bertajuk “Gili” serta di Tanjung terdapat penginapan berkualitas bintang lima dengan harga resor.

penginapan

Kuliner

betutuJika Bali punya Ayam Betutu maka Lombok punya Ayam Taliwang. Kedua masakan khas ini sangat memiliki rasa yang sangat berbeda walaupun menggunakan bahan yang sama. Ayam Taliwang terasa lebih pedas karena hampir 70% bumbunya menggunakan cabai. Sedangkan Ayam Betutu lebih gurih karena banyak menggunakan rempah-rempah. Kedua hidangan ini pun dapat merepresentasikan khazanah kuliner Bali dan Lombok. Bali memiliki kuliner khas yang berbumbu sedangkan Lombok banyak yang memiliki rasa pedas. Mungkin hidangan Lombok kebanyakan menggunakan bumbu pedas karena berkaca pada arti kata Lombok itu sendiri yang berarti cabai.

Tentang 

Freelance translator, copy writer and blogger. Gusto fan.

  • skype
  • twitter

One thought on “Mana yang Anda Pilih; Bali atau Lombok?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *